Box Layout

HTML Layout
Backgroud Images
Backgroud Pattern
blog-img-10

Posted by : Andika

Burst Limit Mikrotik Konfigurasi Dan Penjelasan

Hallo sobat ilmuteknologi pada kesempatan kali ini saya akan membahas bagaimana cara konfigurasi Burst Limit pada mikrotik,disini saya akan menjelaskan sedikit fungsi dari Burst Limit tersebut,fungsi dari Burst Limit ini adalah untuk memberikan batas maksimum lonjakan bandwith yang lebih besar,dari pada bandwith sebelumnya yang ditentukan dengan durasi waktu tertentu.

Rumus atau perhitungan untuk menghitung beberapa lama burst dapat diberikan,rumusnya adalah sebagai berikut :

Lama Burst dijalankan = (burst-threshold/busrt-limit) x burst-time

Pada rumus diatas terlihat ada beberapa parameter yang harus digunakan pada saat memberikan burst.fungsi pada parameter tersebut adalah sebagai berikut :

  • Burst Limit : adalah nilai bandwith untuk apload maupun download yang akan diterima oleh client.nilai burst limit ini harus lebih besar dari pada nilai max-limit (MIR) yang diberikan.
  • Burst Time adalah periode waktu yang akan digunakan

untuk menghitung berapa lama burst yang terjadi.

  • Burst Threshold : adalah niali yang menentukan kapan burst bisa dijalankan ataupun dihentikan.jika pada saat client menggunakan alokasi bandwith yang lebih rendah dari burst-thresholdnya,maka burst akan dijalankan.namun jika bandwith nya sama atupun lebih dari burst-threshold,maka burst akan dihentikan.nilai brust-threshold umumnya 3/4 atau 70% dari max-limit (MIR).

Untuk mempermudah pemahaman silahkan lihat pada contoh skenario konfigurasi burst limit tersebut :

 

 

Pada topologi diatas menandakan bahwa pada mikrotik memberikan Max-Limit sebesar 1Mb dan Min sebesar 512k,dan total burst-limit yang diberikan oleh mikrotik yaitu sebesar 0.7 detik bisa disa bilang kurang dari 1 menit.

 

Untuk konfigurasinya perhatikan pada langakah-langkah berikut ini :

  • Langkah pertama klik menu Queues > lalu pilih menu Simple Queues > add maka perhatikan pada gambar berikut ini :

setelah itu klik oke maka akan muncule rule baru seperti gambar dibawah ini :

 

Jika selesai maka langkah terakhir adalah uji coba test speed apakah konfigurasi burst limit ini berhasil apa tidak nya maka silahkan anda buka pada web browser yakni : http://www.speedtest.net

Dan hasil setelah burst limit seperti gambar dibawah ini :

 

Jika terlihat seperti gambar diatas menandakan bahwa konfigurasi burst limit telah berhasil. Oke jangan lupa praktik dan share dan semoga bermanfaat ya.