Inilah 5 Langkah Mudah Agar Akun kamu Tidak Mudah Diretas

Kejahatan di dunia digital tidak akan pernah hilang. Apa pun yang berhubungan dengan dunia online, nggak mungkin lepas dari hal yang namanya peretasan. Jadi, ini membuktikan kalau segala proses yang terjadi di Internet, memanglah tidak ada yang aman.

Sekarang, tindakan peretasan bukanlah hal sulit dimasa kini. Banyak yang bisa membobol sebuah akun bahkan beberapa akun sekaligus. Maka dari itu, melalui artikel ini IlmuteknologiĀ  berikan langkah mudah agar akun kamu nggak gampang untuk diretas.

Baca Juga:

Inilah 5 Langkah Mudah Agar Akun Kamu Nggak Gampang Di-hack!

1. Gunakan VPN

cara agar akun tidak di-hack 1

VPN atau singkatan dari Virtual Private Network merupakan salah satu tools yang paling ampuh untuk kamu gunakan. Seperti yang tersirat dari singkatannya, ini akan memberikan kamu akses keamanan yang tinggi saat menjelajah dunia maya dan terhubung dengan Internet.

Hal ini juga sangat berguna apabila kamu menggunakan area WiFi umum yang mana ancaman tindak peretasannya lebih tinggi. Sebab, jaringan umum seperti itu mudah sekali untuk melacak aktivitasmu saat kamu terkoneksi dengan itu. Sehingga, VPN akan menyembunyikan IP kamu dan menjaga semua informasi dengan aman.

2. Jangan Gunakan Password yang Sama

cara agar akun tidak di-hack 2

Memang sih, mengganti-ganti password merupakan hal yang cukup sulit. Pasalnya, sebagai anak muda yang aktif, kamu pasti tidak hanya memiliki satu akun, tapi beragam akun dalam bentuk apa pun, terlebih akun media sosial yang kamu punya pasti ada banyak.

Maka dari itu, alangkah baiknya kamu tidak menggunakan password yang sama pada setiap akun kamu. Pasalnya, jika kamu menggunakan password yang sama ke setiap akun, itu akan memudahkan peretas untuk meretas semua akses akun kamu. Mengerti?

3. Gunakan Verifikasi Dua Langkah

cara agar akun tidak di-hack 3

Hal ini berguna untuk para pengguna media sosial nih. Begini, setiap media sosial pada umumnya menyediakan fitur untuk menggunakan verifikasi dua langkah atau Two-step verification. Memang sih, menggunakan fitur tersebut cukup membuang waktu.

Namun, jika kamu mau privasi aman, kamu harus melakukannya. Sebab, dengan melakukan langkah ini, akun kamu bisa terjaga dengan baik. Jadi, kamu bisa membuat Siperetas bersusah payah dulu untuk membobol akun, dan pada akhirnya dia putus asa. Maka, akun kamu akan gagal untuk di-hack.

4. Jangan Hubungkan Setiap Akun

cara agar akun tidak di-hack 4

Nah, ini sering jadi masalah nih. Kamu pasti sering banget menghubungkan setiap akun media sosial yang kamu punya. Ternyata, hal ini adalah cara paling mudah untuk hacker membobol semua akun kamu dalam sekejap. Karena, dengan begini hacker mampu secara otomatis mengontrol semua akses akun medsos kamu.

Maka dari itu, pastikan jangan pernah menghubungkan setiap akun media sosial kamu. Berarti, itu sama saja kamu mempermudah jalan para hacker menyapu bersih semua akun milikmu hanya dengan beberapa langkah mereka saja.

5. Hindari Akses Penggunaan WiFi Umum

cara agar akun tidak di-hack 5

Siapa sih yang nggak suka pakai Internetan gratis? Namun, ketika kamu terhubung dengan WiFi umum, maka secara tidak langsung kamu bisa saja memberikan celah untuk hacker agar menjebol akun kamu. Sebab, Siperetas bisa saja memberikan malware demi meretas perangkat kamu.

Hal ini bersinggungan dengan cara pertama sih. Namun, meski bisa menggunakan VPN, ilmuteknologiĀ  tetap tidak menganjurkan kalau kamu menggunakan area WiFi umum dan berlama-lama memakainya. Lebih baik menggunakan kuota sendiri dari pada kalian terancam peretas diluar sana.

Itulah 5 langkah mudah yang wajib kamu lakukan agar akun kamu nggak gampang diretas

Inilah 5 Langkah Mudah Agar Akun kamu Tidak Mudah Diretas | admin | 4.5