Cara Mengatasi Lag pada Android

Cara Mengatasi Lag pada Android

Cara mengatasi lag pada android, ya semua sobat tekno pasti kesel kan kalau smartphone sobat yang digunakan itu lag.Nah, tips&trik ILMUTEKNOLOGI kali ini akan memberi tahu caranya mengatasi lag pada android sobat sekalian.

Baca juga:

 

Cara Mengatasi Lag pada Android

Lalu apa yang harus dilakukan bila hp Android terlanjur kena lag? Hal pertama yang harus Anda lakukan harus tenang dan lakukan beberapa cara berikut ini:

1. Mengosongkan Internal Storage

Agar kinerja Android dapat berjalan ringan, lancar dan cepat maka disarankan agar tidak membiarkan storage Android menjadi penuh, minimal tersedia space kosong 20% dari total space agar kinerja Android dapat menjadi lebih ringan dan cepat. Untuk foto, musik, video dan file pribadi lainnya yang dapat menyebabkan storage smartphone menjadi full atau penuh agar disimpan ke dalam micro SD. Baca juga: Kelebihan HP Berbahan Metal.

2. Bersihkan Cache

Lakukan selalu pembersihan atau hapus cache Android supaya file sampah tersebut tidak menumpuk di memori internal. Demikian juga untuk history pencarian pada aplikasi browser harus selalu dibersihkan. Cara menghapus cache Android:

Pilih menu Setting
Lalu pilih Aplikasi
Selanjutnya pilih aplikasi yang mau dihapus cachenya
Lalu pilih Clear Cache.

Selain menggunakan cara tersebut, Anda dapat juga menggunakan aplikasi CCleaner atau Clean Master. Baca juga: Cara agar Hp Tidak Lemot.

3. Uninstall Aplikasi yang Tidak berguna

Lakukan uninstall untuk aplikasi maupun game yang sudah tidak digunakan agar memori internal dan eksternal Android memiliki lebih banyak storage ruang kosong. Cara menghapus aplikasi cukup mudah, yaitu:

Masuk ke menu Setting
Pilih Aplikasi
Cari dan pilih aplikasi atau game yang ingin dihapus. Tap “Copot Pemasangan” atau “Uninstall”.

Baca juga:

4. Overheating

Menjalankan terlalu banyak aplikasi secara bersamaan akan membuat smartphone Android menjadi cepat panas dan dapat menyebabkan lag, karena RAM akan terpakai oleh running application Android. Untuk membantu meringankan kerja Android, maka aplikasi yang berjalan secara bersamaan agar diperkecil jumlahnya. Aplikasi yang sedang berjalan pada background task dapat dimonitor dari Setting >> Aplikasi >> Tap pada running. Jika terdapat aplikasi yang tidak dibutuhkan dapat diunistall atau dihentikan prosesnya.

5. Upgrade OS

Jika Android mengalami lag ketika menjalankan aplikasi, maka hal tersebut dapat terjadi akibat aplikasi yang sudah tidak kompatibel dengan OS Android lama. Maka solusinya adalah dengan meng-update OS lama ke OS versi baru. Update OS ini sangat diperlukan agar software diperbarui dan performanya menjadi lebih baik. Baca juga: Kelebihan Android Marshmallow, Kelebihan Android Lollipop.

6. Scan Antivirus

Kemungkinan ada virus yang melekat pada aplikasi, sehingga membuat kinerja Android menjadi lag ataupun terasa berat dan lemot. Untuk menghapus virus, gunakanlah aplikasi antivirus Android terbaik yang bisa didapatkan secara gratis di Google Play Store.

7. Gunakan Wallpaper Biasa

Menggunakan live wallpaper atau wallpaper bergerak tentu membuat hp menjadi lebih menarik. Namun hal ini akan membuat kerja ponsel menjadi lambat dan boros baterai sehingga menimbulkan lag. Jangan menggunakan live wallpaper, sebaiknya gunakan wallpaper biasa tanpa animasi, jika terlanjur menginstall tema atau launcher Android maka hapus tema tersebut.

 

 

Baca juga:

 

8. Batasi Widget yang Tidak Perlu pada Homescreen

Widget atau aplikasi yang terinstall pada homescreen Android sebenarnya berfungsi sebagai shortcut atau jalan pintas dan mempercantik tampilan homescreen. Biasanya yang ditempatkan pada homescreen antara lain seperti Whatsapp, Line, BBM dan aplikasi lainnya.

Walaupun aplikasi tersebut tidak sedang dibuka dan dijalankan namun tetap membutuhkan memori RAM. Jadi semakin banyak aplikasi yang ditempatkan pada homescreen akan berdampak pada semakin terkurasnya RAM. Maka hapuslah widget yang tidak terlalu diperlukan agar dapat meringankan kinerja Android.
Sponsors Link

Baca juga:

 

9. Factory Reset

Jalankan Factory Reset, yaitu dengan mengembalikan semua pengaturan serta personalisasi menjadi default atau dikembalikan ke pengaturan awal seperti keadaan smartphone saat baru dibeli, dengan cara:

Pilih menu Setting
Lalu pilih Backup & Reset
Aktifkan Backup My Data
Lalu tap Factory Data Reset

10. Update Firmware Android

Lakukan update Firmware agar sistem operasi pada Android dapat diperbarui. Fasilitas ini disediakan oleh produsen smartphone yang bersangkutan karena pihak produsen melakukan revisi pada sistem Android produknya.
Cara untuk update firmware: Setting >> About Phone >> Tap pada System Updates.

Jadi intinya kalau sobat tekno gamau smarthphone nya ngelag jangan instal aplikasi yang tidak perlu,dan pastikan 20% dari storage smarthphone sobat tekno itu kosong agar tidak berat.Semoga tips&trrik ILMUTEKNOLOGI kali ini berguna buat sobat jangan lupa share ke temannya.ILMUTEKNOLOGI!

Baca juga: